Yuk Selamatkan Nyawa Gajah dengan #SincereWishes!

Bagaimana mungkin kartu ucapan bisa menyelamatkan nyawa 1,800 gajah Sumatera? Sekarang, kamu bisa!

Ide ini muncul awal tahun baru, tentang “ucapan selamat” dan cara merayakan ulang tahun. Berpikir bahwa di setiap Februari, saya selalu mendapat ucapan selamat ulang tahun (disertai berbagai harapan), membuat saya berpikir ulang tentang cara memaknai hari ulang tahun. Bagaimana jika, orang yang berulang tahun inilah yang memberikan selamat dan harapan paling tulus kepada semua orang yang bisa ia jangkau?

Beberapa teman dekat sering mengingatkan pada saya, bahwa jarang ada orang yang ‘diberi anugerah’ untuk piawai merangkai kata-kata, jadi jangan disia-siakan. Saya kira, semua media sosial ini bisa digunakan untuk menebar kebaikan, who knows, tindakan kecil yang kita lakukan hari ini bisa menyelamatkan nyawa yang lain. Jadiiii, setelah melewati proses imajinatif yang fluktuatif, #SincereWishes saya akhirnya rampung!

Ini… untuk semua yang membaca:

 

Apa maksud #SincereWishes ini?

I hope you sparkle like shimmering blue sea: agar kamu berkilau dan menjadi selayak samudra, melihat segala sesuatu apa adanya, tidak dibumbui drama-drama walau seringnya kita terombang-ambing dalam ketidakpastian.

I hope you grow like earth smell after rain: di sela ketidakpastian, agar kamu menemukan keteguhan hati selayak bumi, yang memberi tempat untuk bertumbuh. Meruapkan wangi paling romantis di muka bumi (ah, dasar petrichor!) walau setelah diterpa ‘hujan.’

I hope you taste your life like morning coffee: pahitnya kopi adalah rasa yang paling jujur, namun karena pilihan hidup ada di tanganmu, mau tambah krimer, gula, susu… bebas! Yang penting, selayak kopi di pagi hari yang menjadi semangat, agar begitu jugalah hidupmu!

I hope you see yourself wonderful and never stop to make people feel wonderful: setulus hati saya mendoakan, agar demikianlah adanya.

 

Harapan ini dicetak dalam kartu ucapan ukuran A6 dan akan dijual dengan harga minimum IDR 24,000 (kalau mau donasi lebih monggo), dengan semua profit yang akan disumbangkan ke @temangajahtulus melalui @kitabisacom!

 

Kenapa Gajah? Kenapa @temangajahtulus?

Jauh beberapa minggu lalu, saya sudah sempat kontak dengan beberapa teman yang sering mengadakan baksos, tapi timing-nya belum pas. Lalu, saya ketemu berita tentang Tulus (penyanyi dengan judul lagu Gajah) yang sedang menggalang dana untuk membelikan GPS yang akan dipasangkan ke gajah, untuk memberikan peringatan dini kalau (kawanan) gajah akan masuk ke pemukiman warga. As we know, kondisi populasi gajah semakin menurun seiring dengan tingginya laju kehilangan hutan Sumatera dan ini sudah kian mengancam, sehingga untuk mencari makan, kawanan gajah bisa ‘nyasar’ ke pemukiman warga. Jelas, ini membahayakan bagi gajah dan warga sekitar. Belum lagi ditambah masalah perburuan ilegal, sekarang gajah mati sudah tidak lagi meninggalkan gadingnya and it’s really painful.

Kilas balik pertama kali saya mendengar lagu Gajah, yang entah kenapa timbul perasaan haru, di situlah tekad saya menjadi kuat, maybe this is the calling. After all, ini spesies Gajah Sumatera, the place, the home where I grew up.

Jabat tanganku panggil aku Gajah / Kau temanku, kau doakan aku / Punya otak cerdas aku harus tangguh / Bila jatuh, gajah lain membantu

Okeeee, okeee, ini kedengarannya absurd dan emosional, tapi setidaknya, Gajah, Tulus, Sumatera, memiliki makna tersendiri bagi saya, dan saya memilih untuk merayakan ulang tahun ini dengan berdedikasi pada umur para gajah yang semoga bisa lebih panjang dengan bantuan kita ini.

 

Gimana cara untuk membantu?

  1. Kartu ucapan ini dicetak dalam ukuran A6 dengan harga minimum IDR 24,000 (dipersilakan jika mau donasi lebih), dengan semua profit yang akan disumbangkan ke @temangajahtulus melalui @kitabisacom
  2. Di kartu itu, bagian “Dear …..” bisa ditulis namamu atau based on request.
  3. Donasi dibuka dari tanggal 31 Januari – 28 Februari 2018.
  4. Donasi yang dilakukan sebelum 2 Februari 2018 akan dibawa ke Hong Kong (atau sekitarnya) dan kartu ucapannya akan difoto dengan latar belakang gemerlap kota Hong Kong (mengingat banyak teman-teman di Instagram yang suka komen suka pemandangan kota dan lampu-lampu, saya pikir background-nya bakal jadi bagus banget! Doakan mudah-mudahan nggak hujan ya). Fotonya akan dijapri ke kontak masing-masing.
  5. Kartu ucapannya akan dikirim dengan ongkir ditanggung pembeli.
  6. Donasi bisa ditransfer ke: BCA an. Erina 527-087-5094 (dengan berita: DonasiNP atau diakhiri nominal 2. Contoh: 24,002).
  7. Konfirmasi donasi dengan bukti transfer lewat instagram: @nyarispuitis atau line: @nanatakizawa atau WA: 081212318891.
  8. Rekap donasi akan diposting pada tanggal 1 Maret 2018.

 

Sekian, terima kasih sudah membaca!

 

*Ah ya, di sela-sela mengetik ini, tiba-tiba saya tersadar bahwa hashtag #SincereWishes ini lucu juga.

Sincere = Tulus. 

Donasi ini akhirnya bermuara pada campaign yang digagas Tulus si penyanyi. Sungguh ‘kebetulan’ yang menghangatkan hati. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *